6 Tips Memilih Kosmetik dengan Benar dan Aman

baju gamis,gamis syar'i

 gamis, grosir baju muslim, gamis dan gamis syar'i, gamis anak
Tips+Memilih+Kosmetik+yang+Aman+Untuk+Wajah

Tips Memilih Kosmetik dengan Benar dan Aman – Kosmetik bisa dikategorikan dalam daftar list yang wajib dimilki oleh wanita. Sekalipun wanita tersebut tidak suka dandan yang berlebihan, minimal kosmetik untuk pembersih muka selalu ada dan dimiliki wanita manapun. Karena kosmetik ini sangat diperlukan oleh wanita, maka tidak akan sulit mendapatkannya karena banyak sekali perusahaan yang memproduksi kosmetik. Banyaknya kosmetik yang bermunculan di pasaran juga tidak menentukkan cocoknya dengan kulit kita. Namun janagn khawatir berikut akan diulas mengenai 6 tips memilih kosmetik dengan benar dan aman.

1. Pastikan Nama dan Alamat Produsen Tercantum
Nama dan alamat produsen ini tergolong sangat penting di dalam suatu produk kecantikan. Jika Anda tidak menemukannya Anda patut curiga pada produk kosmetik ini. Pihak berwenang wajib mengetahui apabila ada suatu produk yang tidak memiliki nama dan alamat produsen. Maka dari itu jangan sungkan untuk memberitahukannya.

2. Tercantum Tanggal Kadaluarsa
Pada produk apapun tanggal kadaluarsa ini sangatlah penting untuk baik tidaknya dikonsumsi. Begitupun juga pada kosmetik, tanggal kadaluarsa ini penting untuk diketahui karena untuk menentukan tingkat kualitasnya pada suatu produk.

Tips+Memilih+Kosmetik+yang+Aman+Untuk+Wajah
3. Tedapat Petunjuk Pemakian
Ketika membeli kosmetik pastikan ada petunjuk pemakaiannya. Hal ini berguna untuk Anda sendiri dalam menentukan keamanan produk yang dikonsumsi. Petunjuk pemakaian ini juga untuk memeprmudah Anda dalam penggunaan agar hasil yang dipakai lebih maksimal.

4. Terdapat Kode Legal
Di Indonesia sudag terdapat lembaga yang khusus mengenai kosmetik dan juga makanana , lembaga tersebut biasa dikenal dengan sebutan lembaga BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan). Semua kosmetik, obat dan makanan bila ingin diketahui sehat atau tidaknya diproduksi harus ada kode legal dari lembaga ini.

Dan berikut terdapat kode legal yang harus Anda pahami :

• TL kode untuk produk yang tergolong jamu impor
• TR kode untuk produk yang tergolong jamu tradisional
• CL kode untuk kosmetik impor
• CD kode untuk kosmetik produksi dalam negeri

5. Konsumen Harus Memperhatikan Komposisi Bahan
Memperhatikan komposisi bahan ini sangat penting untuk Anda karena untuk menentukan apakah bahannya berbahaya, halala atau haram, dan cocok tidaknya dengan kulit Anda. Maka yang harus Anda ketahui adalah :

  • Apabila dalam suatu produk mengandung hidroquinon maka zat ini termasuk obat keras. Mengapa demikian? Karena zat ini dapat menyebabkan iritasi kulit, bahakan bisa menyebabkan kanker. Di Indonesia sendiri penggunaan zat ini masih bisa untuk ditoleransi hinga 2 %.
  • Merkuri ada istilah tidak asing lagi dikalangan pecinta kosmetik. Lembaga BPOM juga sudah bertindak tegas terhadap produk yang mengandung zat ini, yaitu dengan menarik kembali produk di pasaran. Merkuri ini bisa menyebabkan kulit terdapat bintik hitam dan iritasi parahnya lagi bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal dan otak.
  • Apabaila ada produk yang mengandung elastin, lemak, dan kolagem perlu dihindari dan diperhatikan kaena bisa jadi asal sumbernya dari hewan yang diharamkan.
  • Zat pewarna yang umumnya dipakai dalam produk kosmetik adalah pewarna merah K.10 (Rhodamin B ) dan zat pewarna K.3.

6. Beli Produk yang Halal
Jika dalam prduk tersebut terdapat label Halal MUI berarti Anda tidak perlu risau lagi untuk mengkonsumsinya karena sudah terbebas dari yang haram
Semoga 6 tips memilih kosmetik dengan benar dan aman ini dapat bermanfaat untuk Anda, selamat mempercantik diri dengan amana, nyaman, sehat, dan halal.

Sundus Afifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *