Cara Catok Rambut yang Benar Supaya Tidak Rusak

baju gamis,gamis syar'i

 gamis, grosir baju muslim, gamis dan gamis syar'i, gamis anak
cara-catok-rambut-yang-benar

Cara Catok Rambut yang Benar Supaya Tidak Rusak – Tentu Anda semua tahu bahwa ada berbagai jenis rambut seperti bergelombang, lurus, dan keriting. Memiliki rambut lurus diinginkan kebanyakan wanita. Meski demikian ada juga yang sudah bosan berambut lurus dan ingin mengeritingkannya. Jika ingin mencatok rambut, bagaimana cara catok rambut yang benar? Artikel ini akan membahasnya.

Menggunakan Catokan Rambut

Cara mudah untuk meluruskan rambut adalah dengan menggunakan catokan. Namun alat ini menciptakan kalor atau panas sehingga bisa memberikan efek yang buruk untuk kesehatan rambut. Sebagus apa pun mereknya tapi tetap bisa membuat struktur rambut rusak. Untuk meminimalisir efek negatif yang ditimbulkan maka Anda harus mengetahui cara catok rambut yang benar.

cara-catok-rambut-yang-benar

Cara Catok Rambut yang Benar

Beberapa cara mencatok rambut yang benar adalah sebagai berikut.

  • Pakai pelindung rambut

Sebelum melakukan pencatokan lebih baik untuk menggunakan pelindung rambut supaya kerusakan rambut bisa diminimalisir. Jika sudah keramas harus memakai kondisioner tapi jangan berlebihan karena tidak baik untuk rambut. Atau Anda bisa memakai krim khusus bernama hair protecting spray sebelum melakukan pencatokan.

  • Catok saat rambut kering

Pastikan rambut Anda kering betul sebelum mulai mencatok. Jika Anda mencatok rambut yang basah maka bisa lebih mudah rusak. Oleh karena saat basah rambut lebih lemah, itu juga mengapa jika menyisir rambut ketika basah bisa membuat kerontokan lebih parah.

  • Pakai suhu normal

Untuk mencatok rambut jangan memakai suhu yang panas. Atur dengan suhu yang normal. Jika terlalu panas bisa membuat rambut jadi lebih cepat rusak. Rambut juga bisa terlihat kasar dan kusam.

  • Jangan mencatok berulang-ulang

Setiap sisi rambut catok sekali saja, jangan mengulang-ulang. Rambut yang selalu terkena panas secara terus menerus bisa lebih cepat rusak.

  • Pakai sisir

Jika rambut Anda kusut maka saat mencatok butuh waktu yang lebih lama. Maka dari itu harus menyisir dulu rambut sebelum dicatok.

  • Catok perlahan

Jepit rambut mulai dari pangkalnya kemudian perlahan tarik ke ujung rambut. Lakukan perlahan, jangan tersendat, nanti bisa membuat adanya garis horizontal.

  • Membagi rambut

Jangan catok rambut dengan jumlah yang banyak. Lebih baik bagi rambut jadi bagian kecil supaya bisa lebih rata.

  • Diamkan sebentr

Setelah mencatok jangan langsung ikat rambut, diamkan dulu sebentar supaya suhu rambut jadi normal kembali. Hal ini bisa membuat bentuk rambut menjadi lebih tahan lama.

  • Bersihkan catokan

Setelah selesai dipakai maka catokan harus dibersihkan. Apalagi jika Anda memakai pelindung pandas di rambut. Apabila ada kotoran yang menempel pada catokan maka bisa mengganggu rambut ketika akan dipakai kembali.

Itu dia bagaimana cara catok rambut yang benar supaya rambut tidak rusak. Semoga bermanfaat!

Khisma Nisa Yuniar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *